Nyeri Dada, Tak Hanya Sakit Jantung

Submitted by irfan on Thu, 05/15/2008 - 18:52
irfan's picture

Ketika dada terasa nyeri, banyak orang langsung berpikir tentang
serangan jantung. Keluhan ini memang kerap menandai gejala sakit
jantung. Ternyata banyak jenis penyakit yang salah satu indikasinya
adalah nyeri dada, diantaranya kanker paru, kanker payudara dan
meningkatnya asam lambung.

Tidak semua nyeri dada berasal dari adanya gangguan pada organ jantung.Namun, nyeri dada memang merupakan gejala khas dari sakit jantung.Menurut Dr. Hary Utomo, Sp. JP, nyeri dada karena kelainan jantungdiakibatkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan pasokan oksigen ke otot jantung.

Ketidakseimbangan itu bisa karena kebutuhan oksigen meningkat atau
pasokannya kelewat rendah, bisa juga kombinasi keduanya. Pada penderita penyempitan pembuluh nadi koroner (pembuluh darah yang menyuplai makanan), otomatis pengaliran darah terbatas.

"Kalau penderita membutuhkan konsumsi oksigen berlebih, seperti waktu berolahraga atau ketika menghadapi situasi menegangkan, misalnya marah, bisa diperkirakan timbulnya gejala angina atau nyeri dada tadi," papar dokter ahli jantung dan pembuluh darah dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta itu. Gejala ini bisa bertambah parah bila disertai kram pembuluh darah yang biasa disebut spasme.

Dapat berakhir fatal
Sensasi nyeri dada akibat penyakit jantung koroner bisa bermacam-macam. Biasanya berupa rasa tertindih beban berat, rasa dicengkeram, mual atau enek, rasa panas terbakar, atau rasa tercekik di leher.

Bagian tubuh yang mengalami keluhan itu bisa di tengah dada, ulu hati, juga antara tulang belikat, dengan penjalaran ke lengan kiri, leher dan rahang. Gejala ini awalnya timbul saat penderita melakukan kegiatan fisik yang menguras tenaga.

Keluhan tersebut biasanya akan hilang setelah penderita beristirahat. Namun, bila penyakit pembuluh darah tersebut dibiarkan berkembang, keluhan juga akan muncul di waktu istirahat.

Bertambah beratnya penyakit membuat nyeri dada berlangsung makin lama dan bisa disertai keringat dingin, gelisah, kaki dan tangan dingin, bahkan sampai kejang dan kesadaran menurun. Jika tidak segera mendapat pertolongan medis, kasus ini dapat berakhir fatal.

Angka kematian karena syok kardiogenik ini lebih dari 95 persen.
Kalaupun pasien tertolong, seringkali mengalami gejala sisa berupa
kelainan saraf atau gagal ginjal.

Tes Lebih Dini
Di rumah sakit, penderita nyeri dada akan menjalani pemeriksaan fisik, laboratoris dan foto rontgen. Jika dibutuhkan juga dilakukan
elektrokardiografi dan ekokardiografi. Setelah diperoleh kepastian
adanya penyempitan pembuluh koroner akan dilakukan angiografi.

Sebagai upaya deteksi dini, Dr. Hary menyarankan agar mereka yang
berusia 35 tahun mulai menjalani tes uji latih (treadmill) setiap tahun sekali. Jika memiliki faktor risiko tinggi seperti kebiasaan merokok, diabetes mellitus, dislipidemia (kelainan profil lemak darah), tekanan darah tinggi, riwayat keluarga, sebaiknya melakukan tes itu di usia lebih muda lagi.

Bisa juga dipilih pemeriksaan kombinasi ekokardiografi dan tes uji latih yang disebut stress echocardiography. Cara ini dapat memvisualisasikan segmen dinding jantung yang diduga mengalami gangguan pasokan oksigen.

Pemeriksaan yang tergolong baru adalah Magnetic Resonance Angiography (MRA). Untuk mengetahui area jantung mana yang mengalami gangguan pasokan darah bisa dilakukan pemeriksaan dengan radio isotop Thalium atau Technicium. Teknik invasif seperti katerisasi memang sensitivitasnya hampir 100 persen, tapi sebaiknya dikerjakan hanya bila indikasi lebih positif mengalami PJK.

Keluhan utama
Nyeri dada juga berhubungan erat dengan penyakit paru dan saluran
pernapasan. Contohnya, TB paru (tuberkulosis), bronkitis, pneumonia, asma bronkial, jamur paru, PPOK (penyakit paru obstruksi kronik), penyakit paru kerja, dan kanker paru. Nyeri dada, batuk, dan sesak napas merupakam keluhan utama penderita penyakit pernapasan kronik dan kanker paru ini.

Jerawat, bisul dan luka memar di dada juga bisa menimbulkan nyeri dada. "Herpes zoster menimbulkan nyeri dada yang sangat sakit, kendati belum terjadi kelainan di kulit," ungkap Dr. Alexander K. Ginting S., dokter dari RSPAD Gatot Subroto.

Rangsangan atau tekanan di pleura parietal (selaput rongga dada juga menimbulkan nyeri dada. Iritasi pada bronkus akibat mengisap asap, debu, dan zat kimia juga sering menimbulkan keluhan nyeri dada seperti terbakar.

Rokok memberi sumbangan yang amat besar untuk terjadinya penyakit
pernapasan kronik serta kanker paru. Telah diketahui bahwa di dalam asap rokok terdapat 63 komponen yang bersifat karsinogenik atau zat penyebab penyakit kanker.

Nyeri dada ternyata juga merupakan gejala khas adanya peningkatan asam lambung dan berbagai asam lambung itu ke tonggorokan. Demikian menurut Dr. H. Syafruddin A.R. Lelosutan, Sp.PD., dari bagian
SubGastroenterologi-Hepatologi Departemen Penyakit Dalam, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Gangguan itu biasa disebut penyakit refluks
gastroesofageal (PRGE).

Penderita nyeri dada akibat PRGE sebenarnya cukup banyak. Namun, banyak orang lebih cenderung berpikir tentang gangguan jantung dan paru, bila mengalami nyeri dada.

Sebuah penelitian di Orlando, Amerika Serikat, pada tahun 1995 menemukan bahwa PRGE terjadi pada 40 persen populasi orang dewasa. Insiden itu meningkat pada kelompok usia lebih dari 40 tahun dan lebih banyak terjadi pada pria.
Sumber: Senior, tipsehat.blogspot.com

nyeri dada kiri

Submitted by jam tangan swiss army original (not verified) on Mon, 06/09/2014 - 20:09.

dok, saya mau nanya,, dada kiri saya kalo duduk lama suka nyeri,, tapi saya bawa tiduran berbaring agak lama hilang sendiri,, saya tridmill waktu masih fitnes setiap hari 15 menit,, jogging + jalan masih kuat tapi,, kira2 kenapa ya itu dok? mau ke rs takut @_@..

helllo guys

Submitted by Boyac (not verified) on Tue, 03/11/2014 - 22:37.

25 gratis kucken
Chat XXX 16

Live Chat, Live Sex, kostenlos

dok kalau parkinson itu apa

Submitted by kesehatan (not verified) on Tue, 01/14/2014 - 00:15.

dok kalau parkinson itu apa ciri2nya? trus bagaimana cara penyembuhannya? thanks

Ass, sy ononk, pria umur 36

Submitted by ononk (not verified) on Sun, 04/28/2013 - 16:45.

Ass, sy ononk, pria umur 36 thn. mo tanya dok,,2 minggu lalu sy cek di lab f-thorax hasilnya; S/bronshitis..trus di lanjut ke pemeriksaan sputum. hasilnya negatif. trus yg aku tanya dok, apa benar penyakit sy ini positif bronshitis ? karna dada sebelah kiri trasa nyeri sudah 2 hr ini. trus knpa sy cm di kasi obat antibiotik ? mhon penjelasannya dok

nyeri dada tengah

Submitted by kandara (not verified) on Sun, 03/03/2013 - 10:08.

Slamat pagi dok , saya 47 thn , bb 87 kg, tb 176 cm , dada saya bagian tengah atas sakit pada waktu di pakai aktifitas agak keras seperti lari baru +/- 100 m sehingga saya jalan dan berangsur sakitnya hilang , terkena penyakit apakah saya dok ? Trims

nyeri dada di bagian kiri

Submitted by andita (not verified) on Wed, 11/14/2012 - 12:41.

dok, saya mauu tnya, sy sring mengalami keluhan sakit dada di bagian kiri bawah, lalu itu gejala apa?
apa yg hrs sy lakukan?
bagaimana juga cr mencegahnya?
trimaksi :)

nyeri dada di bagian kiri

Submitted by andita (not verified) on Wed, 11/14/2012 - 12:39.

dok, saya mauu tnya, sy sring mengalami keluhan sakit dada di bagian kiri bawah, lalu itu gejala apa?
apa yg hrs sy lakukan?
bagaimana juga cr mencegahnya?
trimaksi :)

Dokter, keluhan saya sama

Submitted by henny wilda (not verified) on Fri, 09/21/2012 - 07:41.

Dokter, keluhan saya sama dengan yeyen asterina, kira2 penyakit saya apa dok, terimakasih dokter atas jawaban nya :)

nyeri dada

Submitted by Anonim (not verified) on Tue, 07/31/2012 - 12:22.

maaf dok saya mau tanya dadaku saat buat makan dan minum sakit sekali dok,,,apa penyebabnya dok,,,kmrin aku ronnsen kta dokter normal tapi saya buat makan dan minum dada saya sakit banget nyeri2 gitu dan sesak,,,,mohon bantuannya dok,,,trims

nyeri dada kanan bawah

Submitted by napy (not verified) on Mon, 07/30/2012 - 20:28.

dok, saya navy umur saya masih 14 tahun,
saya sudah 2-3 hari merasakan nyeri dan seperti di tusuk" bagian tulang rusuk saya,
kadang saya merasakannya, tapi kadang tidak sama skali,.
boleh saya tau saya terkena penyakit apa dok? dan upayah penyembuhannya apa?
makasih dok :)

saya ingin menanyakan pertanya an yang sama

Submitted by mnr efendi (not verified) on Tue, 09/25/2012 - 06:37.

dok saya pria 30 thn mau menanyakan kenapa
saya sudah 2-3 hari merasakan nyeri dan seperti di tusuk" bagian dada sebelah kanan bawah mohon penjelasan dan cara menyembuh kannya

Dada seperti tertusuk setiap pagi

Submitted by Dewi (not verified) on Sun, 06/17/2012 - 23:00.

dok, saya dewi.,
saya ingin bertanya mengenai dada seperti tertusuk sestiap pagi .,
saya mempunyai teman dekat dia laki-laki berumur 19 tahun , setiap pagi ia sering merasa seperti tertusuk di dada bagian kiri .,
dia perokok aktif dok .,
kira-kira dia punya penyakit apa ya ?
apakah parah ? apakah bisa disembuhkan ?
tolong minta jawabannya ya dok ., terimakasih

saya merasa sakit dada tengah

Submitted by Desky Tarius (not verified) on Tue, 06/12/2012 - 11:23.

saya merasa sakit dada tengah atas dok. ada yang bilang bahwa saya ada penumpukan nikotan makanya sakit, lalu saya coba minum air kelapa ijo dan susu soda tetep terasa sakit,,, gejala apa yang saya rasakan dok?mohon dijawab bantua saya cara menangani nya dok

girl

Submitted by kamilia nada (not verified) on Sat, 06/09/2012 - 22:27.

umur saya 15 thn,saya perempuan.

dok di tahun 2012 ini saya mengalami penyakit yang saya derita yaitu:
1.sesak nafas tpi kadang ada lg nfs itu
2,dada terasa seperti tertindih barang
3.kepala pusing

tpi di waktu saya di sekolah saya berolahraga dengn 2 ptrn saya langung mengalami sesak nafas kadang itupun ada pada saat saya sedang berolahraga,berfikir,ketakutan,jika saya mendengar suara yang begitu keras saya langung mengalami hal tersebut.pertanyaan saya:apakah ada obatnya untuk menghilangkannya??

thanks dock...

nyeri dada

Submitted by Febrina Kartika Pertiwi (not verified) on Mon, 04/02/2012 - 20:21.

Saya mau tanya dok, saya berusia 17tahun, saya sering mengalami nyeri dada di sebelah kiri, dan rasanya sakit seperti ditekan, dan dicengkram, saya juga sering merasakan sesak napas, dan kalo dikeramaian saya sulit bernapas. Sakit itu kadang datang tiba-tiba, apalagi ketika saya sedang diam, dan kecapekan. Saya ingin tahu itu termaksud sakit jantung atau paru-paru?
Terima Kasih

saya mau tanya dok,,,,saya

Submitted by ROBINA (not verified) on Sat, 12/24/2011 - 19:23.

saya mau tanya dok,,,,saya mengalami nyeri dada yang sangat luar biasa,,,,,kalau lagi bernapas,,batuk dada saya terasa di tusuk pisau,,,,ini gejala penyakit apa dok,,,???????
dan obat untuk menghilangkan nyeri nya apa dok?????....................

Reply to comment | doktermaya.com

Submitted by regal assets affiliate (not verified) on Sun, 06/01/2014 - 07:51.

They hold you informed each step of the way in which. Really convenient and environment friendly.
Very educated financial advisors to reply all your questions.

Nyeri Dada

Submitted by budi (not verified) on Mon, 12/19/2011 - 12:34.

Dear Dokter Maya,
Mohon pencerahanya Dok,
saya sering kali merasakan sakit dada setelah perjalanan jauh menggunakan saepda motor min kurang lbih 10 km, dan itu sdah pasti skit dok dada sya,.
sakitnya sepeti ada yg mengganjal dan menusuk di dada saya,. tepatnya kadang di tengah seringkali di dada kiri atas.
jika ini adalah gejala, mhon pencerahan tt gejala penykit apa,.
jika ini penyakit, mhon pencerahan jenis penyakit apa yg ada dalam dada sya.
thanks

Budi.

Christian Louboutin are the

Submitted by red bottom shoes (not verified) on Mon, 12/12/2011 - 08:52.

Christian Louboutin are the most important,not only comfortable,but also beautiful,sexy,to catch people's eyes at a glance.My idea is very simply at that time,that is to make these ladies put on my which are more comfortable and beautiful. The charming can reach your mind and make the level of your life up. You know the which is hot from Christian Louboutin, and it welknown all over the world. Not only the star want to wear the , but also the fashion women want to show the style by . And you can also around in style of and with the platfrom , you will know the feeling for sexy.

Dada terasa dingin dan seperti jatuh

Submitted by Anonim (not verified) on Tue, 12/06/2011 - 23:59.

Dok,saya umur 20 tahun, akhir2 ini saya merasa kalo dada saya seperti terasa jatuh ke bwh gt seperti saat naik pesawat terbang yg sedang turun ke bwh. Kemudian, beberapa hari lalu saya naik motor malam2, dan pulang nya dada saya terasa dingin . Apakah penyakit yg saya derita? saya banyak mencari di internet , ad yg blg mgkn paru2 basah, jantung,atapun maag. Tolong di bantu dok

Nyeri Dada

Submitted by Rahma (not verified) on Tue, 10/18/2011 - 11:41.

dear dokter
saya rahma, jenis kelamin Perempuan
sekarang saya merasakan dada kiri saya bagian bawah dekat tulang rusuk sakit.
rasa sakit ini sudah ada sejak 8 tahun lalu, tapi cuman sebentar saja.itulah pertama kali sakit dada itu dimalam hari dada saya sakit kalo bernafas.
lalu hilang dan kambuh jarang jarang, dan sakitnya tidak begitu.
tapi sekarang kambuh lagi biasanya cuman sekitar 5 menit nyeri..
apa penyakit saya dokter? tolong reply koment saya ya dok, via e mail

nyeri dada kiri saat bernafas dalam dalam

Submitted by erwin (not verified) on Mon, 09/19/2011 - 13:04.

dear dokter
saya erwin, usia 23, jenis kelamin laki laki
sekarang saya merasakan dada kiri saya bagian bawah dekat tulang rusuk sakit.
rasa sakit ini sudah ada sejak 8 tahun lalu, tapi cuman sebentar saja.itulah pertama kali sakit dada itu mulai.kejadiannya saat saya pulang berenang, saya ada keminum air dan hidung masuk air saat berenang, sesampai rumah dimalam hari dada saya sakit kalo bernafas.
lalu hilang dan kambuh jarang jarang, dan sakitnya tidak begitu.
tapi sekarang kambuh lagi. dan sudah dari semalam sakitnya, biasanya cuman sekitar 5 menit nyeri..
kali ini begitu lama.. apa penyakit saya dokter? saya belum pernah cek ke dokter sama sekali.

nyeri dada

Submitted by adeck achika (not verified) on Fri, 09/16/2011 - 11:38.

siang dokter, saya achika berumur 20th dari bali. saya bertanya tentang nyeri dada saya,,,dada saya terasa terbakar atau tetindih beban berat ...... nyeri dada saya tidak menentu ,,,dan nyeri dada yang saya alami sama dengan apa yang dokter terangkan diatas. dulu waktu saya masih duduk dibangku SD saya pernah jatuh, dan dada saya paling pertma mendarat di tanah. saat saya terbangun dari jatuh dada saya terasa sakit dan sesak napas pada saat jatuh. dan sampai saat ini saya merasakan nyeri dada. tolong berikan solusinya Dokter! terima kasih.

Bagaimana membedakan sakit jantung atau bukan dari gejala sakit

Submitted by rendy (not verified) on Tue, 11/23/2010 - 20:33.

Pak dokter bisa memberi pencerahan bagaimana membedakan sakit jantung atau sakit lainnya dengan melihat gejala sakitnya?
Istri saya dulu waktu kecil pernah mengalami gejala asma, apakah ini ada hubungannya dengan kondisi sekarang? Terakhir ini sering mengalami sakit dada dibagian ulu hati hingga ke punggung bila melakukan aktifitas berat (kerja fisik). Usia istri saya sudah 42 tahun. Ada faktor keturunan sakit jantung dari Ibu mertua.
Sebaiknya ke dokter jantung atau THT?

dada atau payudara kadang2 sakit

Submitted by mellz on Wed, 07/14/2010 - 12:57.

dok,,,nama saya mell...
dua hari ini saya mengalami nyeri di dada /payudara yang timbul hilang (sekitar tiap setengah jam)..rasanya tu saya tidak bs mendeskipsikan,,cuman sebentar ilang sebentar ilang gitu,,kaya ditusuk jarum tapi sebntar dan itu terjadi di semua bagian (kanan dan kiri),,itu kenapa ya dok?
thanks alot atas jawabannya

mellz_listra

nyeri dada

Submitted by silvi (not verified) on Thu, 05/10/2012 - 20:53.

dok, belakangan ini saya srg nyeri dada sampai ke tulang belakang, terutama di bagian tengah dada, kadang nyerinya juga di bagian kiri dan kanan, sudah beberapa bulan ini, nyerinya sering sekali datang, jantung saya juga berdebar kencang, saat jantung berdebar bawaannya gelisah dan cemas dok, saya sudah sering ke dokter, tapi jawabannya berbeda2, jadi saya harus bagaimana dok, kira2 sakit saya apa dok ?

dada saya 2 bln lamanya

Submitted by tain (not verified) on Thu, 07/08/2010 - 15:27.

dada saya 2 bln lamanya sakit, udah 3x kedokter, dikasih mulai dr obat maag, lambung ndak sembuh sembuh, udah cek ecg, rontgen hasilnya normal-normal saja, tapi dada tetap sakit apalagi kalo melakukan aktifitas rasanya cedut-cedut, ampek kalo buat nafas. alhamdulillah sekarang sudah sembuh,TERNYATA sembuhnya cuma dari pikiran kita, jangan memikirkan hal-hal yang menakutkan seperti kena jantung lah atau paru2 lah atau yang lain2, ihlas saja sambil berdoa dan paling penting positive thingking, "aku ini sehat" sesekali pijit daerah dada dan sekitarnya sampai dibawah ketiak dengan lembut, kalau ada rasa sengkring waktu dipijit, ulang terus ulang sampai rasa sengkring hilang tapi harus pelan pelan sekali (bahasa jawanya digremeti) Insya Allah dada sakit akan sembuh dan satu hal yang paling penting hindari STRESSS, semoga bermanfaat

irfan's picture

para dokter biasanya jarang

Submitted by irfan on Mon, 05/31/2010 - 10:30.

para dokter biasanya jarang liat komen... coba kirim via konsultasi

Sang Admin

nyeri dada sebelah kiri atas

Submitted by anisa rachmi laily (not verified) on Sat, 05/29/2010 - 21:13.

malam dok
dok saya mau tanya...
usia saya 19thn..
saya punya keluhan,dada sebelah kiri atas saya sering bgt merasakan nyeri,kadang seperti di timpa benda berat. dan saya juga sering mengalami jantung berdebar-debar,keringat dingin,telapak tangan saya sering basah....terus kalau dada saya lagi nyeri di saat saya sedang ada masalah,saya merasa mual,muntah2,pusing,susah nafas... dan juga kalau dada saya lagi nyeri,saya sering menekan'nya untuk mengurangi rasa sakitnya atau juga saya pijat2...
dari keluhan saya tersebut,apakah saya perlu waspada terhadap salah satu penyakit??,,, dan sekiranya apa yang harus saya lakukan dok??,,, perlukah saya memeriksakannya ke rumah saki/dokter???,,,
mohon di jawab dok...
makasih....

Nyeri Di dada Bagian Tengah

Submitted by Rizki Wahyu Pratama (not verified) on Tue, 05/25/2010 - 15:02.

[b][/b] Siang Dok..
saya mau nanya..
umur ayah saya 40 lebih..
dia selalu merasakan sesak nafas di bagian dada tengah[b][/b] dan telapak kaki nya kadang-kadang terasa ngilu..
dan jika syok kadang-kadang sesak nafas dan terasa ada beban di dada bagian tengah..
jadi bagai mana cara agar tidak sesak nafas dan telapak kaki tidak terasa ngilu??
terima kasih dok.
mohon masukannya..

kadang2 nyeri pada bagian dada..

Submitted by eka sri (not verified) on Thu, 05/20/2010 - 19:19.

maaf dok...saya ganggu
saya cuma mau nanya
saya eka,umur saya 18 tahun.....
kadang2 saya merasa kan nyeri pada jatung dan setelah itu nyeri itu hilang dan tiba2 muncul kembal8i....pa itu hal yang serius?
saya disini hanya tkt berakibat yang saya tidak ingin kan....
dan apa yang saya hrus lakukan apa bila terasa nyeri lagi....dan apa efek samping nya..
saya pikir cukup segini ja....
terima kasih....

nyeri di dada tengah + feces berwarna hijau

Submitted by Budi (not verified) on Tue, 05/18/2010 - 22:06.

slmt mlm dok, sudah 4 hari dada bagian tengah saya sakit terutama saat bangun pagi atau beraktivitas. pada saat menarik napas dalam-dalam pun dada bagian tengah saya terasa sakit di tambah lagi pada saat saya buang air besar, feces yang saya keluarkan berwarna hijau.
penyakit apa yang saya derita dok? bisa disembuhkan melalui terapis atau harus ke dokter?

Nyeri Dada

Submitted by ashi (not verified) on Fri, 04/02/2010 - 15:18.

siang dok, nama saya ashi umur saya 19 thun dan saya suka sakit dada biasanya kambuh klo kedinginan sm kecapean..saya merasakan sakit ini dari kelas 3 SMP waktu usia saya 14 thn, saya sempat pingsan karena tidak tahan sakitnya sampai badan saya lemas dan gemeteran. kadang-kadang bagian punggung atas sejajar dengan dada suka sakit, dada sm punggung berbarengan sakit, tp nafas saya tidak sesak hanya terasa nyeri di dada sampai sekarang msh seperti itu...Penyakit apakah yang saya derita yah Dok? Apakah bisa disembuhkan?

dada saya bagian kiri kadang

Submitted by awit (not verified) on Fri, 03/19/2010 - 21:13.

dada saya bagian kiri kadang nyeri cenit cenit,setiap mau tidur dan pagi hari jam 8,dan rasa khawatir yang tinggi,kenapa ya ?????disertai pilek ,

dada sakit

Submitted by riki (not verified) on Fri, 02/12/2010 - 14:05.

siang pak dokter. terima kasih pak sebelumnya, pak dada bagian tengah saya agak melebar ke kanan sudah semingguan nih sakit, tapi ga parah pak, cm klo bangun dari tempat tidur dada agak sakit sedikit. ini pertama kali terjadi sehabis saya renang pak. sebelum2nya saya renang berjam2 tidak pernah sakit. padahal di hari kejadian dada saya sakit nih saya renang cm setengah jam kurang saja pak. sebelumnya saya jg mau tanya apa pengaruh makanan dan pemanasan jg pengaruh ya pak. soalnya sebelum saya renang saya makan burger dan selang berapa menit kemudian saya renang. setelah itu kira2 20 menit kurang lebih saya muntah pak dan dada saya panas dan saya tau itu karena saus dari burger yang saya makan. penyakit saya apa ya pak dokter ?? tolong bantuannya pak.. terima kasih pak dokter. Tuhan memberkati..

siang dok... dok, saya nia

Submitted by nia (not verified) on Fri, 11/13/2009 - 12:42.

siang dok...

dok, saya nia umur 22 tahun..sudah lama saya mengalami nyeri dada..kadang kalau saya kecapean dada saya suka nyeri...ketika rukuk juga saki...baru2 ni dada bagian tengah saya sakit seperti ditusuk2, diteken dan ketika saya raba dada saya anget..apakah itu membahayakan dok?? ............atau ada faktor genetik?

Reply to comment | doktermaya.com

Submitted by snipr.com (not verified) on Tue, 03/25/2014 - 02:02.

Hello, yup this piece of writing is genuinely good and
I have learned lot of things from it about blogging.
thanks.

nyeri dada

Submitted by erwin (not verified) on Wed, 11/04/2009 - 11:11.

[b]dok, saya erwin umur 22 th, berat badan 51 kg. saya terkadang terasa nyeri di bagian dada pas di tengah dada. pada waktu nafas di tahan di dada terasa agak sakit. ini gejala apa ya dok? kata dokter puskesmas terdekat setelah saya di rontgent semua normal tapi sampai sekarang masih agak sakit. terima kasih atas jawabanya.[/b]

nyeri dada

Submitted by yeyen asterina (not verified) on Mon, 10/26/2009 - 11:01.

dok, usia sya 24 th bb 53 kg tggi 150,dan magh + darah rendah sudh lama sya alami sdh 3 bln blkngang ini dada sya sering nyeri apalagi saat bngn tidur, klu rukuk atau menunduk seolah-olah dada saya mau lepas, tp nyeri berangsur hilang kalau siang, dan kembali lagi d pgi hri, yg ingin sya tanyakan sya mengidap penyakit apa, apa hrs periksa k dokter? terim ksih

Reply to comment | doktermaya.com

Submitted by Hildegarde (not verified) on Wed, 03/26/2014 - 14:58.

I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was curious
what all is needed to get set up? I'm assuming having a blog like yours
would cost a pretty penny? I'm not very web smart so I'm not 100%
positive. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Cheers

nyeri dada

Submitted by steven (not verified) on Mon, 12/22/2008 - 16:28.

Dok,saya steven,umur 18 tahun. Sudah empat hari dada bagian tengah saya terasa nyeri kalau ditekan,tetapi saya tidak merasakan apa-apa kalau dada saya tidak ditekan atau melakukan aktifitas berat,seperti berolahraga. Penyakit apakah yang saya derita yah Dok? Apakah bisa disembuhkan?

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Allowed HTML tags: <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Each email address will be obfuscated in a human readable fashion or (if JavaScript is enabled) replaced with a spamproof clickable link.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
© 2008 Akar Prima Nusantara Drupal theme by Kiwi Themes.