Jangan Takut Lakukan ''Pap Smear''

Submitted by kennia on Mon, 11/03/2008 - 22:45

AKHIR-AKHIR ini banyak wanita digerogoti rasa ketakutan akan penyakit yang mematikan. Anatomi lebih yang dianugerahi Tuhan untuk wanita memberi rasa bangga sekaligus menakutkan. "Jangan-jangan tubuh indah saya dihuni oleh sel-sel jahat atau kanker," begitu keluh resah kebanyakan wanita. Bukankah sangat menyedihkan tatkala kita mendengar sanak famili kita divonis mengidap kanker? Terlebih kanker leher rahim yang mematikan itu?
Kanker servik atau kanker leher rahim yang menjadi momok di kalangan wanita kini sudah menduduki ranking pertama dari sepuluh kanker di Indonesia -- disusul kanker payudara, kulit, tenggorokan, getah bening, usus besar, paru-paru, indung telor, gondok, dan rongga mulut.

Penyebab langsung dari kanker servik belum diketahui. Faktor ekstrinsik yang diduga berhubungan dengan kanker servik adalah smegma, infeksi virus human papilloma virus (HPV), dan spermatozoa. Faktor risiko yang berhubungan dengan kanker servik ialah perilaku seksual multi partner atau mitra seks yang banyak, paritas, mutrisi, rokok, dan lain-lain. Karsinoma servik dapat tumbuh eksofitik, endofitik, atau ulseratif.

Melalui anamnesa diperoleh informasi pasien mengeluh metroragi, keputihan atau purulen yang berbau amis dan tidak gatal, kontak bleeding atau perdarahan setelah berhubungan badan, dan keluar bau busuk yang khas. Dapat juga ditemukan gejala karena metastasis atau penyebaran berupa obstruksi total vesica urinaria.

Pada wanita usia lanjut ditemukan keluhan seperti cepat lelah, berat badan yang menurun, dan anemia. Melalui pemeriksaan ditemukan servik yang teraba membesar, ireguler, dan pada perabaan terasa lunak. Diagnosa pasti ditegakkan melalui pemeriksaan histologik dan jaringan melalui biopsi.

Kanker servik bisa disembuhkan asal ditemukan secara dini. Tes untuk mendeteksi dini kanker servik yang aman dan murah yaitu pap smear. Jadi, para wanita sesungguhnya jangan takut melakukan tes pap smear ini. Tes ini merupakan penapisan untuk mendeteksi infeksi HPV dan prakanker servik.

Alat dan Cara
Bagaimana sebenarkan proses tes pap smear ini? Apa saja alat dan bagaiamna cara pengambilan sediaannnya? Alat berupa formulir konsultasi sitologi, Spatula Ayre yang dimodifikasi atau cytobrush, kaca benda yang pada satu sisinya telah diberikan label, spekulum cocor bebek kering, dan tabung berisi larutan fiksasi alkohol 95%.

Cara pengambilan sediaannya sbb.:

  • Tuliskan data klinis pasien dengan jelas pada lembar permintaan konsultasi, seperti umur, paritas, tanggal haid terakhir, kontrasepsi, riwayat radiasi atau kemoterapi, dan keadaan klinis.
  • Pasang cocor bebek untuk memperlihatkan servik dengan jelas.
  • Spatula dengan ujung pendek diusap 360ø pada permukaan servik.
  • Geserkan spatula atau cytobrush pada kaca benda yang telah diberikan label dengan pensil pada sisi kirinya sepanjang setengah panjang gelas dan geserkan sekali saja agar tidak merusak sel.
  • Spatula Ayre dengan ujung yang panjang agar bisa mencapai tempat sel peralihan atau skuamokulomner atau kapas lidi diusapkan 360ø pada permukaan endoserviks, lalu digeserkan pada setengah bagian sisanya.
  • Masukkan segera dalam larutan alkohol 95%. Spesimen tidak boleh berada di udara lebih dari 10 detik karena mungkin terjadi artefak.
  • Biarkan preparat dalam alkohol minimal 30 menit.
  • Keringkan di udara dan masukan dalam amplop bersama formulir permintaan sebelum dikirim ketempat pemeriksaan.

Pengambilan pap smear ini dilakukan 10 hari setelah bersih menstruasi dan 2 x 24 jam sebelum pengambilan dilarang melakukan hubungan seksual karena akan mengaburkan hasil pemeriksaan.

Interpretasi dan rekomendasi dari jawaban sitologi sbb.:

  • Negatif, tidak ditemukan sel ganas. Ulangi pemeriksaan sitologi dalam satu tahun lagi.
  • Inkonklusif, sediaan tidak memuaskan. Bisa karena fiksasi kurang bagus, tidak ditemukan sel endoserviks, peradangan sel. Disarankan untuk mengulangi pemeriksaan sitologi setelah proses radang diobati.
  • Displasi, terdapat sel-sel diskariotik. Derajat ringan, sedang, sampai karsinoma in situ. Penanganan lebih serius dan harus diamati minimal 6 bulan berikutnya.
  • Positif, terdapat sel-sel ganas pada pemeriksaan mikroskopi. Penanganan harus dilakukan di rumah sakit rujukan dengan seorang ahli onkologi.
  • HPB, pada pemeriksaan ini dapat ditemukan sediaan negatif atau displasia. Lakukan pemantauan ketat dan konfirmasi dengan kolposkopi dan ulangi pap smear.

Pap smear merupakan skrening test yang mudah dilakukan dan membutuhkan dana yang relatif kecil. Bagi wanita yang sudah pernah berhubungan badan disarankan untuk segera melakukan pap smear. Lebih baik mengetahui secara dini daripada Anda terlambat mengobatinya. Sekali lagi, jangan malu atau takut melakukan pap smear.

dr. ni made suriati,
Puskesmas Sidemen
Karangasem

re:

Submitted by gofastek.com (not verified) on Wed, 06/25/2014 - 08:09.

Thanks for putting an effort to publish this information and for sharing this with us.

Ceddy
www.gofastek.com

re:

Submitted by alchemist (not verified) on Fri, 12/20/2013 - 08:28.

I like your post a lot! You should write some more on this!Great job coming with such terrific post!

alchemist
www.inspgift.com

Montre Replique

Submitted by Replique Montre (not verified) on Tue, 08/07/2012 - 17:10.

Replique Montre will give you the one and only quality feeling. Of course, the Montre Replique will make you look elegant and graceful.

Kursus Komputer

Submitted by Kursus Komputer (not verified) on Fri, 03/16/2012 - 11:46.

Please let me know if you are looking for a article author for your site. You have some really good articles and I feel I would be a good asset.

Harga Notebook

Submitted by Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik (not verified) on Fri, 03/16/2012 - 11:45.

Your look at nevertheless this is great and ways in which I truly feel. I recently now mailed him this internet site to say him your personal view.

irfan's picture

Mungkin langsung konsultasi

Submitted by irfan on Sat, 09/10/2011 - 20:44.

Mungkin langsung konsultasi dengan dokter yang berwenang saja. Biar lebih jelas.

Sang Admin

Sering pipis saat berhubungan

Submitted by Anonim (not verified) on Mon, 08/09/2010 - 11:23.

dok, saya 30 tahun dan baru melahirkan putri pertama 15 bulan yang lalu. baru dapat haid teratur mulai 6 bulan terakhir ini dengan siklus yg lebih cepat dari sblm partus (28an) biasanya antara 32 - 38 hari malah pernah 45 hari. melahirkan normal dengan digunting sedikit, tapi saya yakin tdk ada infeksi. selama hamil tdk pernah ada gangguan dalam berhubungan (terakhir pas hamil umur 5 bulan, karena udah pisah daerah ama suami lagi), bahkan saya bisa ejakulasi. entah itu benar ejakulasi ato air ketuban, yang jelas bukan air seni, karena tdk pesing. tapi tidak ada masalah dgn kehamilan.

dari awal, frekuensi miksi sy memg tinggi, shg saat awal penetrasi saya bisa ke Kmr Mandi lagi untuk buang air pdhl sebelumnya pas lagi bersihin juga udah miksi. nah, skrg saya merasa terganggu karena saya selalu merasa tidak kering, bahkan setelah miksi dan mengeringkan daerah selangkang. bahkan belakangan ini saya pernah bbrp kali pipis saat penetrasi tanpa ada rasa ingin pipis. shg saya malu thd suami saya. kenapa begitu dok? apa yang salah? apakah benar istilah kantung kemih turun? dan mengapa saya selalu merasa spt selalu ada yg keluar dari vagina saya, padahal tidak berlendir? hanya ada bau khas, dan bukan bau tidak nyaman spt sangat amis.

oya satu lagi dok, karena saya sangat penasaran, saya pernah mencoba memeriksa daerah kelamin (sayangnya tanpa cermin) untuk memeriksa ada luka atau tidak dan ternyata tidak, dan ketika saya coba colok perlahan dengan jari tengan dan menekan ke arah perut, saya merasa seperti ingin miksi meski dlm derajat yg kecil. dari itu saya makin khawatir, kalau jari saya saja bisa menyebabkan rangsangan buang air, artinya saya memiliki gangguan dalam berhubungan dengan suami. apa yang mesti saya lakukan? karena untuk periksa ke dokter kandungan masih sulit buat saya dikarenakan tdk ada dokter kandungan di tempat saya. adanya juga dokter umum d puskesmas dan cowo. saya tidak merasa nyaman untuk diperiksa. mohon bantuannya, dok. Trims...

Hasil Papsmear

Submitted by Paula (not verified) on Thu, 07/15/2010 - 14:13.

Hallo Dok sy wanita sudah menikah usia 28 tahun, saya baru terima hasil papsmear hari ini hasil mikroskopiknya menyatakan ; sediaan apus terdiri atas sel-sel epitel skuamosanormal, sel2 endoserviks,sel2 metaplastik,bakteri coccoid dan banyak leukosit tampak pula sel2 atipik apa itu artinya dok

Hasil Papsmear

Submitted by Paula (not verified) on Thu, 07/15/2010 - 14:13.

Hallo Dok sy wanita sudah menikah usia 28 tahun, saya baru terima hasil papsmear hari ini hasil mikroskopiknya menyatakan ; sediaan apus terdiri atas sel-sel epitel skuamosanormal, sel2 endoserviks,sel2 metaplastik,bakteri coccoid dan banyak leukosit tampak pula sel2 atipik apa itu artinya dok

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Allowed HTML tags: <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Each email address will be obfuscated in a human readable fashion or (if JavaScript is enabled) replaced with a spamproof clickable link.

More information about formatting options

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
© 2008 Akar Prima Nusantara Drupal theme by Kiwi Themes.